Cara Membuka 7 Cakra Sesuai Tuntunan Quran

Assalamualikum, hai lur pada kesempatan kali ini saya mau membahas tentang Cara Membuka 7 Cakra Sesuai Tuntunan Quran. Sebelumnya jangan salah paham dulu, cakra disini bukan berarti cakra kayak di anime Naruto πŸ˜€ yang bisa dipake buat nempel di dinding atau berjalan di air.

Cakra yang dimaksud disini merupakan energi positif dalam tubuh. Jadi jika anda mampu membuka ketujuh cakra berikut ini maka anda akan memiliki keseimbangan energi positif dalam tubuh. Sehingga anda akan bisa memiliki kepribadian yang lebih baik. Dalam artikel ini tak hanya cara membuka cakra saja yang akan saya bahas, melainkan juga caranya yang sesuai tuntunan Quran.

Energi dalam tubuh manusia seperti air yang mengalir. Cakra merupakan titik-titik dimana energi tersebut berputar dan bermuara, seperti di kepala leher, dsb. Jika tidak ada yang mengganggu aliran tersebut, maka aliran akan lancar. Namun, hidup ini penuh dengan cobaan, dan membuat manusia melakukan hal buruk, hingga hal-hal buruk tersebut menutup aliran energi dalam tubuh.

Terdapat tujuh cakra dalam tubuh manusia, setiap cakra memiliki fungsinya masing-masing dan dapat tertutup oleh kondisi emosional tertentu.

Cakra Ke-1

Terletak di : Pangkal tulang belakang
Cakra tentang : Survival / kelangsungan hidup
Tertutup oleh : Ketakutan

Untuk membuka cakra ini anda harus menghilangkan rasa takut anda, ingatlah bahwa didunia ini tidak ada yang perlu ditakutkan, kecuali Allah. Misal : jika anda takut gelap, maka cobalah berada di kegelapan sambil mengingat Allah. Sebagaimana dalil dalam Quran.

β€œSesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman” (QS. Al-Imran: 175).

Ketika chakra ini tertutup, seseorang akan merasa tidak stabil, kurang ambisi, kurang tujuan, takut, tidak aman dan frustrasi.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan merasa stabil, percaya diri, seimbang, energik, mandiri dan kuat.

Cakra Ke-2

Terletak di : Perut bagian bawah
Cakra tentang : Kesenangan
Tertutup oleh : Kesalahan

Untuk membuka ini, pejamkan mata dan ingatlah semua kesalahan yang pernah anda lakukan dalam hidup. Terutama kesalahan besar anda. Ingatlah, dimana anda merasa bersalah. Lalu terimalah realitas kesalahan yang pernah anda lakukan, maafkan diri anda. Bertaubatlah kepada Allah, jadikan pelajaran dan jangan diulangi lagi. Sebagaimana ayat dalam quran:

β€œDan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nisa’: 110).

Ketika chakra ini tertutup, seseorang akan merasa emosional dan mudah marah, kurang energi dan kreativitas, terobsesi dengan pikiran seksual.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan merasa positif, penting, bersyukur, berbelas kasih, dan intuitif.

Cakra Ke-3

Terletak di : Atas pusar
Cakra tentang : Tekad
Tertutup oleh : Rasa Malu

Untuk membuka cakra ini, pikirkanlah apa yang membuat anda kecewa. Terimalah semua aspek tentang diri anda, sekalipun kesalahan anda. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah menerima taubat hamba-hambanya.

β€œTidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya?” (QS. At Taubah: 104).

Ketika chakra ini tertutup, secara fisik seseorang akan mengalami masalah pencernaan, masalah hati atau diabetes. Secara emosional seseorang akan depresi, kurang harga diri, kemarahan, dan perfeksionisme.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan merasa energik, percaya diri, produktif, dan fokus.

Cakra Ke-4

Terletak di : Hati
Cakra tentang : Cinta
Tertutup oleh : Kesedihan

Cakra keempat adalah pusat keseimbangan dalam tubuh, yang berbentuk cinta. Cinta merupakan bentuk energi yang mengelilingi kita. Untuk membuka cakra ini, pikirkanlah kesedihan yang pernah anda alami. Keluarkan semua rasa kehilangan anda. Ingatlah segala sesuatu berasal dari Allah dan semuanya kembalinya juga pada Allah.

“Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali”. (Al-Baqarah 2:156)

Ketika chakra ini tertutup, secara fisik seseorang akan mengalami masalah pencernaan, masalah hati atau diabetes. Secara emosional seseorang akan depresi, kurang harga diri, kemarahan, dan perfeksionisme.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan merasa energik, percaya diri, produktif, dan fokus.

Cakra Ke-5

Terletak di : Tenggorokan
Cakra tentang : Kebenaran
Tertutup oleh : Kebohongan

Untuk membuka cakra kelima, pejamkan mata dan pikirkan penyangkalan dan kebohongan dalam diri anda, yang selama ini anda tutup-tutupi dari semua orang. Lalu, ingatlah bahwa anda tidak perlu berbohong lagi, anda harus menerima kenyataan dan memperbanyak bersyukur. Sebagaimana disebutkan dalam quran :

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya. . (Al-Qashash:73)

Ketika chakra ini tertutup, seseorang akan merasa takut, pendiam, lemah atau tidak mampu mengekspresikan pikiran.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan memiliki kreativitas, ekspresi diri positif, komunikasi konstruktif dan kepuasan.

Cakra Ke-6

Terletak di : Antara alis mata
Cakra tentang : Wawasan
Tertutup oleh : ilusi

Untuk membuka cakra keenam ini, anda harus menghapus ilusi yang ada dalam pikiran. Dan ilusi terbesar didunia ini adalah pemisahan. Ingatlah bahwa seluruh umat manusia sebenarnya satu. Hanya saja kita ditutupi oleh ilusi akan adanya batas negara, batas wilayah, nasionalisme, agama, dll. Maka dari itu diperlukan adanya toleransi untuk menghormati satu sama lain. Sebagimana dalil dalam quran :

“Katakanlah: Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.”(Q.S. Al-Kafirun: 1-6)

Ketika chakra ini tertutup, seseorang akan merasa tidak tegas, takut akan kesuksesan, atau sebaliknya, bersikap egois.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan merasa tidak takut akan kematian(bukan berarti mencari mati) dan bebas dari keterikatan pada hal-hal duniawi.

Cakra Ke-7

Terletak di : Atas kepala / mahkota kepala
Cakra tentang : Energi Kosmik
Tertutup oleh : Keterikatan Duniawi

Untuk membuka cakra ketujuh ini, cara paling cepat untuk membukanya adalah dengan menuliskan surat wasiat bila suatu saat nanti anda mati. Tulislah surat untuk orang” tercinta anda, lalu letakkan di tempat tersembunyi dimana tidak ada seorangpun kecuali anda yang mengetahuinya. Ingatlah bahwa kita hidup didunia ini hanya sementara, semua yang anda cintai seperti anak, istri, orang tua, uang, bisnis anda, semua akan anda tinggalkan ketika anda mati. Sebagaimana dalil dalam quran :

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An-Nisa:78)

Ketika chakra ini tertutup, seseorang akan sering frustrasi terus menerus, stress, kurang bahagia, menyakiti diri, bahkan mungkin kesurupan.
Ketika cakra ini terbuka, seseorang akan menjadi lebih bijaksana dalam membuat keputusan, mampu mengendalikan emosi.

Kesimpulan

tabel cakra Membuka Cakra Sesuai Quran
tabel cakra

Dari tabel cakra tersebut, dapat disimpulkan sebagaimana hadist Rasulullah : “Bertakwalah di mana pun engkau berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya ia akan menghapusnya, dan perbaikilah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Ahmad dan Tirmizi dari Abu Dzar. Tirmizi berkata: Hadist ini hasan sahih).

Nah, itulah Cara Membuka 7 Cakra Sesuai Tuntunan Quran, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau mau sharing silahkan mengirim di kolom komentar. Jangan lupa untuk klik share ya. terima kasih πŸ™‚

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *