6 Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dan Belajar

Apakah anda orang yang susah tidur? Mood-moodan? Merasa tidak punya teman atau merasa terisolasi ? Jika ya, berarti anda sedang mengalami stres. Stres merupakan respon otak dan tubuh untuk setiap keadaan, termasuk semua jenis tantangan, seperti bekerja di kantor atau bersekolah, perubahan hidup yang signifikan, atau peristiwa traumatis yang bisa memicu stres. pada kesempatan kali ini saya akan bahas Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dan Belajar.

Stress bisa memiliki dampak positif dan dampak negatif.

Dampak positif stress. Suatu misal anda sedang berada dihutan dan bertemu seekor singa. Anda akan mulai merasa khawatir hingga stress. Dan seseorang ketika sedang stress memproduksi hormon kortisol, yang berguna untuk mendistribusikan energi pada organ tubuh yang membutuhkan. Sehingga respon anda ketika melihat singa tersebut akan lari sekencang-kencangnya, karena otak menangkap sinyal tersebut sebagai bahaya. Inilah salah satu contoh dampak positif stress. Jika anda tidak stress dalam kondisi seperti ini, bisa jadi anda menjadi santapan singa tersebut.

Dampak negatif stress. Stres memang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup. Namun, stres hanya dibutuhkan dalam jangka waktu yang pendek saja. Seperti contoh diatas, jika misal setelah lari karena ada singa dihutan, anda terus memikirkannya, anda terus menerus ketakutan, anda tidak berani lagi masuk hutan, bahkan anda tidak berani lagi keluar rumah. Ini bisa menjadi dampak negatif stress.

Stres dapat memengaruhi kesehatan Anda. Ketika anda sedang stress seluruh organ tubuh anda bekerja lebih berat dari biasanya. Kekhawatiran/stress yang berlebihan akan mengganggu sistem urinaria anda, sehingga akan membuat ginjal anda bekerja lebih berat.

Terlebih jika ada orang yang memiliki sakit magh berkepanjangan dan tidak dapat mengontrol emosinya, maka bisa jadi sakit magh anda tidak akan kunjung sembuh sekalipun sudah bergonta-ganti dokter. Stress juga mempengaruhi sistem pencernaan.

Contoh lain stress yang berkepanjangan juga mempengaruhi kinerja otak. Orang yang sering stres berkepanjangan karena pekerjaan, keluarga, dll, biasanya cenderung mudah lupa terhadap hal-hal kecil, seperti “saya naruh kunci dimana, pulpen saya taruh dimana ya ?” Berikut adalah 4 Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dan Belajar.

1. Curhat kepada orang terpercaya

Bicaralah dan sampaikan semua keluh kesah anda kepada orang terpercaya. Bisa orang tua, ustadz, psikolog, ataupun teman anda yang bisa anda percaya. Jangan menunggu orang lain untuk bertanya tentang stres yang anda alami. Mulailah curhat supaya anda menemukan jalan keluar untuk stres anda. Jika anda tidak menemukan jawaban yang anda inginkan ketika curhat kepada seseorang, ada baiknya untuk curhat ke orang lain.

Jika anda stres karena suatu pekerjaan tertentu, curhat lah kepada atasan anda. Anda juga bisa membayar orang lain atau meminta penyedia jasa, dan menyerahkan pekerjaan anda ke orang tersebut.

2. Olahraga yang teratur

Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja

Olahragalah yang teratur. Cukup hanya dengan 30 menit berjalan kaki setiap hari dapat membantu meningkatkan mood Anda dan meningkatkan kesehatan Anda lohh. Juga cobalah melakukan aktivitas yang santai. Anda bisa berenang, bermain futsal, memancing, atau hal lain yang bisa meningkatkan mood.

3. Tetapkan tujuan hidup

Tetapkan tujuan hidup dan prioritas anda. Putuskan apa yang harus dilakukan sekarang dan apa yang bisa ditunda. Belajarlah mengatakan “tidak” untuk hal-hal baru jika Anda rasa sepertinya terlalu banyak mengambil risiko. Dan cobalah untuk bersyukur pada apa yang telah anda capai pada detik ini.

4. Hindari Menyendiri

Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dengan tidak menyendiri

Tetaplah terhubung, Anda tidak sendiri. Tetap berhubungan dengan orang-orang yang dapat memberikan dukungan emosional. Untuk mengurangi stres, mintalah bantuan dari teman, keluarga, ustadz, psikolog, atau ahli dalam bidang tertentu. Usahakan untuk memiliki seorang mentor.

5. Dengarkan musik

Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dengan musik

Mendengarkan musik juga bisa membantu meredakan stres, apalagi musiknya yang enak didengar dan enak untuk dinyanyikan. Selera musik tiap-tiap orang berbeda-beda, ada yang suka pop, regge, rock, namun semua orang tentu sama-sama menyukai musik yang enak untuk didengar. Dengarkanlah musik-musik penyemangat, jangan mendengarkan musik yang bersifat sedih alias galau, karena bisa membuat stres anda semakin parah.

6. Perbanyak berdzikir

Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dengan dzikir

Sebagai umat islam kita dianjurkan untuk berdzikir, beristighfar, baik ketika sedang tidak melakukan apa-apa, ataupun ketika diri kita sedang terkena permasalahan hidup / stress. Ingatlah segala sesuatu datangnya dari Allah dan semuanya juga akan kembali kepada Allah.

Itulah 4 Cara Mengatasi Stress Karena Bekerja dan Belajar. Bagaimana lur ? Apakah anda punya pengalaman tentang stres? Jika iya mari kita diskusikan di kolom komentar. Sekiad dan terima kasih.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *